Laman

Jumat, 06 Mei 2011

Fenomena PWG dan APWG

Maaf kalo akhir2 ini gue kurang sering posting, soalnya gue ada "selingkuhan" blog laen (maaf ya, blog 1, lo jadi kurang keurus). Nah, kali ini, gue memutuskan untuk memposting sesuatu yang sudah menjadi kontroversi (cieh, bahasanya JSS Badudu banget !) di kalangan anak muda dan musik Indonesia, yaitu perseteruan antara Pee Wee Gaskins dan Anti Pee Wee Gaskins.



Semua orang pasti udah tau band beraliran pop punk (kalo ga salah itu aliran musiknya) bernama Pee Wee Gaskins yang beranggotakan Sansan (vokal 1, gitar), Dochi Sadega (vokal 2, gitar tapi sekarang udah tukeran maen bass), Omo (vokal 3, synth), Eye (bass tapi sekarang udah tukeran maen gitar), dan Aldykumis (drum) ini. Band ini mulai melejit ke arus musik utama Indonesia dengan singel 'Dibalik Hari Esok' (yang kalo menurut gue, kebanyakan suara synth-nya). Publik Indonesia pun mulai diperkenalkan dengan sebuah aliran musik yang baru, yang fresh, lain dari biasanya, catchy, dan teenage banget. Penggemarnya langsung bermunculan seperti jamur di musim hujan, dan menamai diri mereka partydorks.
Tapi kita pasti ngerti, seiring semakin besarnya sebuah band, pasti makin banyak tantangan dan cobaan yang menerpa. Dan untuk Pee Wee Gaskins, tantangan itu (dan mungkin juga cobaan) bernama Anti Pee Wee Gaskins (APWG). APWG adalah sebutan untuk orang-orang yang tidak menyukai Pee Wee Gaskins. Para APWG memulai aksinya dengan menghina PWG lewat forum facebook atau forum-forum yang lain. Anggotanya sangat banyak, bahkan ada cabangnya di beberapa kota dan juga sering ngadain gathering !!!

Gambarnya keren juga :D
Mantap banget. Kayaknya mereka emang bener-bener nggak suka sama PWG. Mereka menghina PWG mulai dari musiknya, sifat personelnya, dan macem-macem lagi. Bahkan terkadang, ada APWG yang suka bertindak anarki pas PWG lagi manggung (kalo mereka anarki pas Rhoma Irama manggung, pasti Bang Rhoma cuma bakal bilang 'TERLALU' hehehe). Mereka sering ngelemparin botol, segala macem botol, mulai dari botol air mineral, botol softdrink, sampe botol jin, ngelemparin sendal atau sekedar ngacungin jari tengah ke arah PWG. Dahsyat mamen.

Lumayan banyak sendalnya. Selesai acara, gue jualan sendal lah :D
Tapi kalo menurut gue, ini hebat dan heboh banget. Coba dipikir lagi, kayaknya belum pernah ada band yang punya grup haters sendiri yang anggotanya banyak banget sampe punya cabang di berbagai kota kayak PWG. Sekedar contoh aja, pernah denger nggak grup-grup haters kayak anti Slank, anti Tipe-X, anti SID dll belum pernah kan ? Kalaupun nggak suka, ya sekedar nggak suka aja. Nggak sampe bikin-bikin grup haters terus ngadain gathering kayak APWG. Ini berarti (gue ngeliat dari sisi positif-nya) kalo PWG itu diperhatiin sama banyak orang. Meskipun seorang APWG, dia pasti juga ngedengerin lagunya PWG dulu sebelum ngehina-hina. Meskipun seorang APWG, dia pasti nyari-nyari dulu informasi tentang PWG sebelum dia ngehina dan ngelemparin botol. Iya nggak ?
Meskipun begitu, keberadaan APWG yang bersikap anarki (nggak semua APWG anarki lho) tetap saja mengganggu. Pada tahun 2010 yang lalu, salah satu kru-nya PWG luka karena kepalanya dihajar pake ukulele pas PWG show di Surabaya. Kalo udah kayak gini kan meresahkan namanya. Bikin grup haters sekedar haters masih bisa diterima, kata-kata hinaan dan cercaan masih bisa dimaafkan, tapi kalo udah kepala dihajar ukulele ? udah masuk kriminal tuh. Jadi, buat para APWG, hati-hatilah dalam bertindak. Nggak suka ya nggak apa-apa, monggo-monggo wae. Tapi nggak usah pake kekerasan untuk melampiaskan rasa nggak suka kalian. OK ?


Dan untuk para partydorks sendiri. Gue juga nggak begitu suka sama cara Dorks ngeladenin APWG. Omong kotor dibales omong kotor. Kekerasan dibales kekerasan. Yang kayak gitu cuma mempersulit keadaan dan memperuncing masalah. Personel PWG-nya aja santai-santai wae, kenapa partydorks-nya yang sewot ? Mungkin itu salah satu penyebab berkembangnya APWG, yaitu karena kesalahan cara partydorks dalam menanggapi APWG.
Dari semua bacotan gue diatas, ada satu yang belum terjawab. Jujur, dulu gue pernah jadi orang yang nggak suka PWG, tapi kemudian nyadar karena nggak bisa nemuin jawaban dari pertanyaan ini. Ini mungkin jadi pertanyaan yang gue, masyarakat muda Indonesia, atau bahkan personel PWG sendiri nggak tau jawabannya :

" Apa alasan APWG begitu amat sangat membenci PWG ?"

Mohon maaf kalo gue ada salah ngomong, kritik dan saran dalam berbagai bentuk pasti gue terima.
Terimakasih.

6 komentar:

hayoo, kalo komen yang sopan yaa