Laman

Senin, 27 September 2010

Ini Pertama Kalinya Gue Merhatiin Pelajaran Bahasa Jepang

Sejak mendapat pelajaran bahasa Jepang pas kelas 2 SMA, gue nggak begitu merhatiin itu mapel. Karena menurut gue, tidaklah pantas bagi gue, yang negaranya pernah dijajah ama jepang selama 3,5 tahun tapi penderitaannya sama dengan penjajahan londo (baca:belanda) selama 3,5 abad, belajar bahasa jepang. Gue ngerasa berkhianat sama perjuangan para pahlawan demi membebaskan negeri Indonesia kalo gue belajar bahasa jepang (banyak alesan, bilang aja otak lu gak mampu).

Tapi, meskipun begitu, gue amat suka ama guru mapel bhs jepang (kami manggilnya sensei). Namanya sensei....., sensei siapa ya, gue lupa. Yang jelas, tu sensei orangnya baek bgt, lemah lembut, sabar ngadepin sikap gue yang kayak monyet rabies lepas dari kandang, ditambah lagi, wajahnya cukup cakep utk seorang guru. Lumayan lah, kantor guru sekolah gue jadi agak melek kalo ada sensei itu.

Cara mengajar sensei yg cakep ini nyaris nggak ada cela. Tapi, ada satu waktu ketika dia membuat kesalahan ngehe yg nggak dia sadari.

Jadwal pelajaran bhs jepang adalah hari kamis, sehabis istirahat pertama. Pas kamis itu, anak kelas gue (baca: anak cowok) sebagian besar ikut lomba. Jadi dari 12 siswa cowok dari 32 siswa (sekali lagi, hanya ada 12 COWOK di kelas gue, dari 32 SISWA), hanya tersisa 3 COWOK, kurnia, abi dan hapis (namanya ikut2an gue) dan 1 BENCONG, yaitu gue sendiri YA NGGAKLAH ! Gue bukan bencong kok, gue cowo homo tulen, sisanya semuanya CEWEK !!!.

Seperti biasa, sepanjang pelajaran bahasa jepang, gue cuma bisa molor di kelas, sesekali terbangun untuk ngecek apakah tuh sensei bakal jalan ke meja gue lalu menggampar gue karna gue molor pas pelajarannya.
Semua ilmu dia sampein dengan ikhlas kepada muridnya, dan gue, sebagai murid paling murtad dan durhaka, hanya membiarkan tu ilmu cuma numpang lewat di bokong (baca: kepala) gue.


Tapi, ada satu tindakan si sensei yang menarik hati gue. Bukan, dia nggak ngebuka bajunya. Sebenernya gue juga pengen ngeliat dia ngebuka bajunya. Pasti sekolah bakal rame oleh wartawan, mereka bakal nganggep ini berita heboh, dan esoknya di berita TV bakal tercantum "Seorang Guru Cakep Ngebuka Baju di Depan Murid-muridnya, exclusive dari Taman Mini Mawar Melati Semuanya Indah !!" Tapi nggak, itu nggak terjadi.  Sensei cuma ngasih informasi bahwa," ada beberapa kata di bhs jepang yang sama dengan beberapa kata yg ada di bhs indonesia, tapi punya arti yang beda dlm bhs jepang." Lalu, sensei yang cakep ini mulai nulis kata2 tersebut. Gue tulisin deh :

Aku      =    buka
daku     =    peluk
kamu    =     gigit
susumu =     maju

Gue agak tersentak denger kata "susumu". Hanya dengan satu kata itu aja, pikiran gue udah melayang kemana-mana. Tapi bukan itu bagian ngehe-nya. Coba anda perhatikan baik2, kalo anda belum bisa melihat sesuatu yang ganjil juga, coba anda periksa ke dokter, siapa tau anda buta aksara.

Masih ada yang belom tau juga ?!!, yaudah deh, gue kasih tau, ni:

Aku        =   buka
daku      =   peluk
kamu      =   gigit 
susumu  =   maju

Ya !!! Itu dia !!!
Iya, yang itu !!!
Nggak keliatan ? Itu, kata yang gue cetak tebel itu, gembel !!!

Ya, benar sekali, juragan dan saudagar sekalian, apabila susunan kata itu dibaca secara zig-zag, akan memunculkan sederet kalimat yang punya arti magis, " daku gigit susumu ."
Ternyata bukan cuma gue yang menyadarinya, tapi temen sebangku gue, kurnia, yang meskipun adalah ketua rohis (rohani Islam) tapi juga punya darah mesum, juga mengetahui hal itu. Gue dan kurnia saling pandang, dan kami tertawa bersama. Temen-temen gue yg laen pada ngeliatin, mungkin mereka pikir gue baru aja nembak kurnia buat jadi pacar gue, dan kurnia nerima, dan kami tertawa karena senang dapat melanjutkan hubungan ke tingkat yg lebih jauh.
Meskipun sempet dipandangi seperti orang cacat mental, tapi, setelah gue kasih tau mereka, otomatis mereka ketawa kenceng. Lalu, kelas gue jadi rame dan rusuh, dan si sensei, yg nggak tahu bagaimana meredakan kerusuhan, akhirnya memutuskan melepaskan tembakan peringatan dan menyemprotkan gas aer mata. Dua orang provokator penyebab kerusuhan akhirnya ditangkap dan . . . . sori, jadi ngelantur.

Intinya kelas gue jadi rame, tapi si sensei yg malang, yg nggak tahu perbuatan ngehe apa yg baru saja dilakukannya, terus melanjutkan pelajarannya. Untungnya tu tulisan nggak ditulis pake spidol permanen, kalo nggak, wah bakal heboh satu sekolah.
Udah dulu deh, gue mau makan nasi bungkus dulu

Wismilak !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hayoo, kalo komen yang sopan yaa