Laman

Sabtu, 25 September 2010

Journey to Tanjung Karang

Sebagai anak muda, gue termasuk anak muda yang jarang keluar rumah untuk maen. Entah ngapa, gue lebih seneng di rumah, maen internet, boker, dan tidur. Tapi kemaren, gue memutuskan untuk pergi maen dengan tujuan refresh otak.


Pas hari Jumat, Imawan, temen sekelas gue, ngajakin gue untuk maen ke Tanjung Karang, dia mau nyari buku, katanya. Gue mengiyakan. Kami mutusin berangkat hari Sabtu, abis pulang sekolah. Sabtunya, kelas gue masuk jam setengah 7. Gue nanya sama Imawan," wan , kayak mana, ntar jadi nggak ?". " Jadi lah, " kata dia, " tapi gue pulang dulu, ngambil motor !" Asem, pikir gue. Gue kira ni anak bawa motor ke sekolah, rupanya kagak. " Lo ntar nunggu aja di sekolah, gue pulang dulu," kata Imawan lagi. Sialan, masa gue nunggu dia pulang dulu. Mana rumah anak itu jauh betol, di Pekalongan (bukan kota batik yang di Jawa itu). Gue sebenernya pengen pulang dulu juga, tapi berhubung ortu gue adalah tipe ortu yang sangat protektif, mereka pasti gak bakal ngebiarin gue pergi jauh, apalagi naek motor. Jadi gue mutusin nunggu di sekolah.

Rencananya kami bakal berangkat jam 1, tapi trus molor jadi jam 2. Sekolah udah sepi, dan gue udah kayak anak ilang, terlunta-lunta. Setelah nunggu lama, Imawan dateng. Setelah gue menyumpahi dia atas keterlambatannya, kita cabut.
Baru di tengah jalan, nyokap gue nelpon. "Bang kok belom pulang ?" kata nyokap. "Iya, abang ada acara di sekolah, pulangnya paling setengah enam. Abang pulang sama imawan," gue berbohong dengan luwesnya. Nyokap gue manggut-manggut (darimana gue tau nyokap gue manggut-manggut ?? ).

Selama di jalan, mata gue kayak kelilipan tusuk gigi. Perih banget. Imawan bawa motornya dengan kecepatan 100 km/jam, disertai gerakan-gerakan berbahaya nyalipin truk-truk gede edan. Biasanya gue naek motor paling pol kecepatan cuma sampe 80 km/jam. Mana di sepanjang jalan kenangan, muka gue kesabet-sabet tali tas Imawan. Tau sendiri kayak mana tasnya anak pecinta alam, penuh dengan tali. Bener-bener ngeselin. Coba bayangin, lagi enak-enak ngeliatin pemandangan sepanjang jalan, tiba-tiba, CPLAS !!, muka lo kena sabet tali. Gue gak tau kayak mana reaksi lo, tapi kalo gue langsung spontan ngomong " ANJING NI TAS !" Jadi, sepanjang jalan, gue sibuk nganjing-anjingin tasnya imawan.


Baru separo jalan, hari yang tadinya terang tiba-tiba jadi mendung, trus ujan. Untung gue pake jaket, jadi badan gue nggak terlalu basah. Kita minggir sebentar, imawan mau pake jaket dulu, terus kita melanjutkan perjalanan.

Pas udah masuk kota, kecepatan motor imawan berkurang drastis, dari 100 jadi 50-40 km/jam. Mungkin takut kejadian sial dia yang lalu terulang kembali, yaitu pas dia kena tilang sama polisi, dan karena gak bawa duit, dia disuruh jual jenggotnya. Sampe sekarang gue masih ngakak sampe koma tiap gue denger cerita dia.

Gue sendiri sebenernya punya pengalaman nggak enak pas gue pergi ke Karang sama temen. Waktu itu, lebaran tahun 2009, gue dan temen gue, Kharisma, memutuskan untuk pergi ke Karang buat nyari bencong baju, lagi-lagi naek motor. Kayaknya itu emang hari sial gue dan Kharisma. Di tengah jalan, motor kita hampir ciuman sama muka truk tronton gara-gara si belot kharisma sibuk smsan sama ceweknya. Abis itu, pas pulang, si belot ini ke pinggir-pinggir buat ngeladenin ceweknya yang nelpon. Gara-gara itu, kami dipanggil dan ditilang polisi.
Sesungguhnya gue nggak tau, apa sebab gue dan kharisma kena tilang. Polisi itu cuma minta duiit aja, katanya kalo nggak dibayar kami bakal dibawa ke kantor pusat di Teluk. Muatilah, pikir gue. Kharisma, yang anaknya nggak mau repot, segera ngomong ke gue:

Kharisma: ped, kata polisi itu, disuruh bayar
Gue: wek, bayar berapa ?
Kharisma: 100 rb, tapi masih bisa ditawar ( ini kena tilang apa lagi dagang helm? )
Gue: (bingung) yaudah, lo tawar dulu kek

Baru sekali itu gue kena tilang, dan baru sekali itu gue tahu kalo duit tilang BISA DITAWAR !!. Sangat-sangat ngehe. Sebenernya ni polisi lagi dinas apa lagi jualan kembang kol ?? Akhirnya, kharisma ngomong lagi ke gue:

Kharisma: ped, lima puluh juga gak apa-apa
Gue; Terserah deh. Udah lo bayar?
Kharisma: belom
Gue: lha trus? gesit bayar, udah sore ini
Kharisma: GUE PINJEM DUIT LO DULU SIH ?

Gembel Amazon ni anak. Dia yang bawa motor, dia yang kena tilang, eh kok gue yang disuruh bayar. Sompret lo ma, kata gue. Tapi, ketimbang diboyong ke kantor pusat, gue relakan duit 50 rb gue. Sampe sekarang, tu duit belom juga diganti sama Kharisma (sekarang udah 1st Anniversary utang kharisma sama gue)

Oke, balik lagi. Gue dan imawan langsung pergi ke gramedia. Kita markir motor trus langsung masuk. Sekilas gue ngerasa orang-orang pada ngeliatin gue dan imawan, dan gue baru menyadari, gue dan imawan terlihat seperti DUA ORANG HOMO YANG LAGI NGE-DATE. Anjriit, pikir gue. Untung aja kita milih ke gramedia, tempat dimana kebanyakan orang2 lebih fokus kepada buku ketimbang dengan orang lain yang ada di sekelilingnya. Coba kami milih ke Matahari, wess, pasaran dan harga diri gue bisa jadi minus nilainya.

Dengan cepet kami milih buku (semuanya GUE YG BAYAR!!), kami pun segera cabut. Sempet minggir dulu ke warung untuk beli minum. Lalu gue dan imawan pulang.

Perjalanan pulang lebih berbahaya dari berangkatnya. Gue masih sibuk nganjing-anjingin tali tasnya imawan. Tiga-empat kali kami mengalami peristiwa nyaris-nabrak-bokong-pikep, tapi akhirnya kami selamat sampai di rumah masing-masing.

Kayaknya perjalanan ini numbuhin perasaan lain antara gue dengan imawan. Perasaan yang aneh, kayak perasaan cintaYA NGGAKLAH !! Emangnya eke cowok apaan !!       
Yang jelas, jalan-jalan kali ini bener-bener nge-refresh utek gue.
Laen kali, kita pergi lagi wan, tapi jangan berdua aja, ajak yang laen, biar nggak dikira homo.
Peace
Adios amigos !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hayoo, kalo komen yang sopan yaa