Laman

Selasa, 28 September 2010

My Bokap's Parnoism

Keparnoan Bokap Gue

Sori agak amis, soalnya gue baru aja ngiclik nyuci piring ....

Hari ini, gue mendapat cukup banyak pengetahuan di sekolah, antara lain:
- Gery Saluut yg udah melempem rasanya gak jauh beda sama ingus
- Fisika adalah pelajaran ajaib, bisa ngubah huruf jadi angka (contoh : k + k = 2k ??)
- Kebanyakan minum kopi bisa bikin kebelet pipis

Itu adalah beberapa ilmu yg gue dapet di sekolah hari ini.
Eniwei, kali ini gue gak akan ngomongin soal kegiatan gue di sekolah, tapi gue bakal ngebahas bokap gue yg punya sifat parno yg akut.

Hah ?!! Masih ada yg belom tau arti parno ??
Bukan, gembel. Bukan pak Parno yg jualan kaset bajakan itu.  
Makanya, sering-sering makan jambu klutuk biar tau (gak nyambung).
Buat yg gak tau arti parno, gue jelasin deh . . . .
Menurut buku panduan beternak lele ( ?? ), parno adalah sifat trauma akan sesuatu.
Parno juga bisa diartiin sebagai suatu sikap curiga yg berlebihan.

Dan bokap gue, sang kepala suku, parno hampir dalam segala hal. Contohnya, ketika ada musim kejahatan gendam (hipnotis), bokap gue bakal bilang, " bang, ati-ati kalo ada yg nepuk pundak dari belakang, bisa aja tukang gendam (ingat, tukang gendam, bukan tukang gendang). Nanti hape sama duit kamu diambil." Sebagai anak yg berbakti, gue tentu mengiyakan nasehat sang bokap. Kemudian bokap gue ngelanjutin nasehatnya," kalo misalnya ada yg nepuk pundak kamu dari belakang, jgn nengok, tapi langsung gampar." Gue terdiam dan mikir.
Kalo emang tukang gendam beneran yg digampar sih gak apa-apa. Tapi kalo misalnya yg nepuk pundak gue adalah satpam mall, lalu gue gampar, barangkali gue bakal disangkutin lalu diseret tangga eskalator. 

Lain lagi pas bokap gue mulai punya Facebook (bokap gue orangnya update boo...). Pas waktu itu, ada salah satu teman facebook beliau yg memulai chatting. Bokap gue langsung manggil gue. Gini percakapan antara gue dan bokap:
Bokap       : bang, sini sebentar....
Gue           : ngapa bah ?
Bokap       : ini siapa bang ? (sambil nunjuk layar komputer)
Gue           : oh, itu salah satu temen babah, ngajakin chatting
Bokap       : hah ! yaudah lah, babah off aja
Gue           : loh, ngapa bah? kan lagi ada yg ngajakin chat
Bokap       : ntar kalo dia ngajak babah ketemuan, terus babah diculik, kayak mana?

Hening 

Yah sebenernya boleh-boleh aja bokap gue khawatir, tapi kalo dipikir2, siapa orang yang mau nyulik seorang sarjana agama tapi punya apotik berumur 50 tahun ? Gak mungkin banget. Kalo yg nyulik anak-anak cewek yg masih smp/sma biasanya adalah om-om pantat belang, tapi kalo yg nyulik seorang pria berumur 50 tahun adalah nenek-nenek yg butuh kehangatan.

Dari sekian banyak hal-hal parno yg bokap gue jalani, ada satu kejadian yang masih terngiang di kepala gue. Hari itu, bokap gue baru aja pulang dari Karang, dan hari itu pula, adalah kali pertama bokap gue ke Karang naek motor. Karena itu pengalaman pertama, bokap pun cerita dengan menggebu-gebu kepada salah satu karyawannya di apotik, om Arya. Kira-kira gini percakapannya :
Bokap       : eh, yak, tadi saya baru aja ke Karang naek motor
Om Arya   : ooo, iya pak ?
Bokap       : iya yak. Wah gue (bokap gue orangnya gaul mamen !!) jalan ngebut banget yak !!
Om Arya   : (manggut2), hmm, emangnya jalan berapa pak ?
Bokap       : jalan 60 km/jam yak . . .

Hening . . . .

Om Arya    : pak, JALAN 60 ITU NGGAK NGEBUT !!
Bokap        : emang yg ngebut itu jalan berapa yak ?
Om Arya    : YANG NGEBUT ITU JALAN 80 KALO GAK 100 !!!
Bokap        : ooo, pantesan saya tadi di jalan disalip orang melulu. Perasaan saya itu udah ngebut banget . .

Hening lagi
Yah, emang gitulah bokap gue kalo bawa motor. Batas kecepatan maksimumnya adalah 50 km/jam. Kecepatan minimumnya adalah nggak jalan samasekali. Kalo bokap gue yg bawa motor, sama kupu-kupu aja kesalip. Untuk urusan naek motor, malah lebih "beringas" nyokap dibandingkan bokap. Dalam bermotor, nyokap gue berprinsip "lebih digeber lebih baik, meskipun nyawa harus tercecer", sadis abis. Sementara bokap gue lebih ke prinsip "alon-alon asal kelakon" (arti: pelan-pelan asal pasti).

Sekian dulu postingan gue tentang keparnoan. Bila ada pihak yang dihina dan disalahkan (baca: pak Parno), saya mohon maaf.

Permisi, saya mau boker dulu..

Ciao !!!

1 komentar:

hayoo, kalo komen yang sopan yaa